Saturday, February 04, 2017

Lindeteves Trade Center Glodok, Trade Mall Palugada Spesialis Peralatan Teknik


Mal Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok (Foto: life.108jakarta.com)
Jakarta – Trade mall Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, barangkali bisa disebut trade mall Palugada (Apa Lu Butuh, disini Gua Ada). Karena apapun jenis barang yang Anda cari di bidang peralatan teknik, elektrik, dan elektronika, nyaris semuanya tersedia disini. 

Genset berbagai ukuran, model, dan merek, merupakan barang paling umum dijual disini. Tersedia banyak pilihan. Kemudian pompa air berbagai ukuran juga bisa ditemukan disini. Trafo generator berbagai bentuk juga tersedia. Hingga barang-barang kecil, seperti mur, baut, kabel, box peralatan kerja, sepatu proyek, mata las berbagai ukuran, mesin kapal, GPS tracker, ayakan semen, traktor, berbagai spare part alat mesin pabrik, digital radio system, alat telekomunikasi (handy talkie), hingga alat safety kerja.

“Saya jauh-jauh dari Cirebon kesini nyari alat GPS tracker untuk dilaut. Juga sambil lihat-lihat mesin kapal, siapa tahu ada yang cocok harga,” ujar Pak Hadi, yang bekerja sebagai nelayan di Cirebon, Selasa (31/1). 

Berbagai peralatan GPS (Global Positioning System) untuk bidang kelautan, pertambangan, dan perikanan, dijual di kios Marine Maju Mandiri, di Lantai 1. Dari yang model lama hingga yang sudah serba digital, sesuai dengan perkembangan teknologi di masa kini. Bahkan, telah tersedia peralatan GPS tracker yang mampu digunakan untuk menembus hingga kedalaman lebih 100 meter dibawah permukaan laut. Untuk bidang kelautan, banyak kios yang menjual mesin speedboat, dari yang kapasitas kecil hingga besar, berbagai merek. Beberapa kios juga melayani sebagai konsultan penjualan kapal dan jaring ikan.

Di Lantai 1 dan Lantai 2 banyak dijual genset, traktor kecil, dan peralatan bengkel mobil. Kalau Anda seorang pengusaha kuliner, di Lantai GF 1 ada banyak kios yang menjual peralatan dibidang pengolahan masakan dan kemasan.

Seperti kios Bintang Jaya Teknik, yang menyediakan berbagai peralatan untuk pengemasan makanan seperti mesin cup sealer berbagai ukuran, mixer pengaduk makanan ukuran besar, hingga berbagai ukuran kompor untuk dapur restoran. Tak hanya menjual, kios ini juga memberikan layanan service 24 jam jika terjadi kerusakan terhadap barang-barang yang mereka jual. 

Sama-sama di Lantai GF 1, juga ada kios Buana Teknik yang juga menjual berbagai peralatan teknik dibidang kuliner. Seperti mesin pembuat bakpao, mesin pembuat mie, mesin popcorn, mesin gulali, mesin es krim, mesin penggiling daging, mesin pemisah tulang ikan, pembuat bakso, dan lain-lain.

Mal di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, ini berisi 2.700 kios Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang peralatan teknik, elektrik, dan elektronika, dari 3.000 kios yang tersedia. “Jadi lebih 90 persen okupansi ruang telah terisi,” ujar Fendyanto, manajer operasional LTC Glodok dalam majalah internal LTC.

Jumlah itu belum termasuk lapak di koridor-koridor mal. Rata-rata dikunjungi 30.000 – 60.000 orang setiap hari, mal ini sangat ramai di hari kerja maupun dikala libur akhir pekan. Pengunjungnya tak hanya warga Jakarta, tapi juga dari berbagai kota di Indonesia. Ruang foodcourt mal yang berada di Lantai 2 sangat ramai. Dilengkapi fasilitas akses internet gratis yang disediakan berupa puluhan komputer yang ditaruh di ruang publik, membuat pengunjung merasakan komitmen service kuat dari pengelola mal.

Menempati Gedung 8 lantai pada area seluas 2,8 hektar, trade mall yang berada dibawah manajemen TM Agung Podomoro ini, merupakan mal peralatan teknik terlengkap dan terbesar di Indonesia. Mulai beroperasi 2006, semula mal ini sepi. Seiring waktu, TM Agung Podomoro mengundang para pedagang UKM peralatan teknik di sekitar Glodok agar mau berjualan ke mal ini. Lima tahun kemudian, upayanya baru membuahkan hasil, mal ini penuh pedagang UKM. Kini, mal ini sangat ramai, bersih, dan nyaman untuk berbelanja. Sangat berbeda dengan gambaran pasar peralatan teknik yang biasanya cenderung kotor.

“Butuh waktu lebih 5 tahun untuk mengundang UKM-UKM peralatan teknik mau pindah ke mal ini. Bersamaan waktu itu, kami juga membuat mal semakin nyaman, agar pengunjung senang datang,” ujar Ho Mely Surjani, Assistant Vice President Marketing Trade Mall Agung Podomoro.

Untuk memenuhi permintaan kios yang tinggi di Glodok, kini TM Agung Podomoro juga sedang membangun mal baru, yakni Harco Glodok, yang berlokasi sekitar 100 meter di utara LTC Glodok. Pembangunan Harco Glodok kini dalam tahap finishing, rencananya akan mulai beroperasi sekitar bulan Juli 2017. 

“Kehadiran Harco Glodok akan semakin memperkuat kawasan Glodok sebagai pusat perdagangan teknik dan elektronika terbesar di Asia Tenggara,” ujar Mely Surjani. ***

Wahyuana

2 comments:

mesin es krim said...

mesin mesin es krim ada gak d situ??

Anonymous said...

Ada, lengkap kok. Gua beli mesin sealer cup, mo jualan es jus :)