Saturday, February 04, 2017

Thamrin City Gelar Bianglala Batik Nusantara 2017


Pusat Batik Nusantara Thamrin City (Foto: sayangi.com)
 Jakarta – Dalam rangka hari ulang tahun ke-7 Pusat Batik Nusantara, manajemen Trade Mall Thamrin City, Jakarta Pusat, akan menggelar serangkaian acara dengan tajuk Bianglala Batik Nusantara 2017. Acara diadakan antara 4 – 6 Februari 2017, di Thamrin City. 

Rangkaian kegiatan; pada 4 Februari 2017 akan digelar Workshop Membatik yang akan mendatangkan pembatik tulis tradisional dan pakar batik; 5 Februari 2017 akan digelar acara bhakti sosial Donor Darah dan peragaan busana batik Fashion Show on The Street yang akan menampilkan model-model batik kontemporer; dan 6 Februari 2017 akan digelar pentas Tarian Kolosal Bianglala Nusantara, Undian Belanja Batik Berhadiah Motor, dan Workshop Membatik. Acara akan dimeriahkan dengan hiburan Kangen Band.
 
“Pusat Batik Nusantara dalam 7 tahun perjalanannya, telah berhasil menghadirkan hampir seluruh koleksi gaya etnik batik di Nusantara. Sehingga kini menjadi tujuan utama orang berbelanja batik di Jakarta, baik belanja grosir maupun ritel,” ujar Ho Mely Surjani, Assistant Vice President Marketing Trade Mall Agung Podomoro, manajemen Thamrin City. 

Ratusan voucher belanja bernilai ratusan juta akan diberikan kepada para pengunjung dan pembeli selama berlangsungnya kegiatan ini. Juga ada pemberian diskon untuk setiap pembelian ritel maupun grosiran, dan undian berhadiah 1 unit motor untuk para pembelanja batik. Dengan mengusung tagline “Ingat Batik, Ingat Thamrin City” beragam jenis gaya dan mode batik bisa ditemukan di Pusat Batik Nusantara, Thamrin City.

Menempati area Lantai Dasar dan Lantai Dasar I, Blok B Thamrin City, Pusat Batik Nusantara kini merupakan hall batik terbesar dan terlengkap di Jakarta. Dari batik Solo, batik Pekalongan, batik Madura, batik Cirebonan, batik Bali, batik ttenun ikat Jepara, batik Tenun Flores, batik Tenun Tapanuli, kain Ulos dan Songket Palembang, batik etnik Papua, batik tenun Minahasa, dan lain-lain dapat ditemukan disini. 

Dari jenis batik tulis, batik cap, dan batik printing, dapat ditemukan disini. Dari yang masih berupa kain bakal, maupun yang telah menjadi pakaian jadi.

Sekitar 1.000 pedagang batik membuka kios di mal yang terletak 200 meter dari Bunderan HI, Jakarta Pusat ini. Mal ini gampang ditempuh dengan naik bus Trans Jakarta, turun di Halte Tosari, atau dengan naik berbagai angkutan lain, turun di Bunderan HI, dan kemudian berjalan kaki menuju kesini. Selain itu, sejumlah shuttle bus yang terhubung dengan berbagai kota satelit di pinggiran Jakarta juga mampir ke mal besar ini. 

Selain penjualan eceran, mayoritas pedagang disini juga melayani penjualan grosir, yang mengirimkan barang dagangannya ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Kios batik Pekalongan, Den Badjo Batik, di Lantai 1 misalnya, kerap melayani penjualan grosir untuk para pelanggannya dari Malaysia dan Singapura.

Selain batik, di mal ini juga bisa dijumpai berbagai cinderamata dan asesoris bertema batik dan pakaian bertema etnik Indonesia lain. Yuk, tengok kesini. ***

Wahyuana

No comments: