Friday, February 03, 2017

Undian TM Agung Podomoro Vaganza Dongkrak Penjualan Pedagang Thamrin City


Pusat Batik dan Pakaian Muslim Thamrin City (Foto: tribunnews.com)
Jakarta – Dhani, pedagang kios pakaian Princess Lolita Collection, di Lantai 1 Trade Mall Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengaku barang dagangannya terdongkrak laris dalam 6 bulan terakhir ini. 

“Pengunjung 8 bulan ini ramai karena ada undian Vaganza yang diadakan manajemen mal,” ujar Dhani ketika ditemui, Sabtu (28/1). Berbagai  barang dagangan mulai kemeja kantoran, batik modern, t-shirt, celana panjang, jaket, sweeter, bisa ditemui di kiosnya. 

Princess Lolita salah satu kios favorit di Thamrin City. Terletak di depan Hypermarket dan dekat eskalator menuju lantai 2, membuat banyak orang lalu lalang disekitar kios. Karena barang-barang yang dijajakan menarik, murah, dan berkualitas, banyak yang mampir ke kios ini. “Yang pasti, (Vaganza) mendorong pengunjung mau belanja, karena struk pembelian dapat ditukarkan dengan kupon undian mobil,” ujar Dhani. Jika tokonya biasanya dikunjungi sekitar 200 orang setiap hari, ia perkirakan kini sekitar 300 - 400 orang. 

Dhani sudah 4 tahun membuka kios di Thamrin City. Meskipun kiosnya masih menyewa, dia bersyukur status barang dagangan telah menjadi miliknya, sementara ketika memulai bisnis dulu barangnya titipan.
Dengan harga pakaian Rp 100 – 200 ribu per potong, barang dagangan Dhani laris manis diserbu pembeli. Jaket model Jokowi yang sedang trendy, di Princess Lolita bisa dibeli cukup sekitar Rp 150 ribu. 
 
Sejak Mei 2016 lalu sampai 22 Februari 2017 nanti, trade mall Thamrin City ikut bergabung dalam undian berhadiah TM Agung Podomoro Vaganza 2016, bersama dengan 6 trade mall lain di Jakarta; yakni TM Blok B Tanah Abang, TM Seasons City Latumeten, TM Lindeteves Trade Center Glodok, TM Mangga Dua Square, TM Kenari Plaza Kramat, dan TM Kalibata City. 

Dalam undian ini, setiap pembelian minimal Rp 100.000 di 7 mal diatas, berhak untuk ditukarkan dengan 1 kupon undian berhadiah mobil Toyota Agya, sepeda motor Yamaha Mio Fino, dan berbagai hadiah menarik lain, yang diundi setiap bulan. 

Selanjutnya, kupon juga akan diikutkan dalam undian lagi setiap bulan, hingga berujung pada undian Grand Prize TM Agung Podomoro Vaganza 2017, untuk memperebutkan hadiah utama berupa mobil Toyota Fortunner, sepeda motor Yamaha Mio Fino, dan hadiah-hadiah menarik lain, yang akan diundi pada 25 Februari 2017 mendatang di TM Mangga Dua Square. “Waktu yang masih tersisa, membuat banyak orang datang ke mal untuk berbelanja memanfaatkan peluang ini,” ujar Dhani. 

Pada undian bulan ke-4 yang berlangsung di Thamrin City pada Agustus 2016 lalu, undian TM Agung Podomoro Vaganza berhasil mengumpulkan lebih 100.000 kupon undian, yang menunjukkan tingginya minat terhadap undian ini. “Melalui program promosi ini kami berharap semakin banyak pengunjung yang datang ke trade mall yang kami kelola, dan juga untuk meningkatkan tingkat okupansi ruang ritel trade mall,” ujar Ho Mely Surjani, Assistant Vice President Marketing Trade Mall Agung Podomoro Land, panitia undian. 

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Ani, pemilik kios seluler Bintang Cellular, di Lantai 2, Thamrin City. Ia mengaku jumlah pengunjung dan  pembeli ke tokonya meningkat dalam 8 bulan terakhir untuk memanfaatkan undian TM Agung Podomoro Vaganza. 

Di tokonya, Ani menjual berbagai peralatan gadget, smartphone, dan asesoris-asesoris handphone yang sangat beragam. Ia membuka kios disini sudah lama, dan menurutnya kios di Thamrin City cukup ramai dibanding kios-kiosnya di mal-mal lain. “Disini tempatnya bersih,” ujarnya.

Sejak beroperasi 2010 lalu, Thamrin City telah berkembang menjadi trade mall terbesar di Jakarta Pusat. Trade mall adalah istilah untuk mal yang berisi pedagang-pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM), mirip pasar tradisional, namun dengan fasilitas kenyamanan, kebersihan, dan manajemen setingkat mal bintang 3. 

Kini, lebih dari 3.000 pedagang UKM berjualan di mal 12 lantai ini, yang terbagi dalam berbagai zona perdagangan. Dengan mengusung tagline “Ingat Batik, Ingat Thamrin City” blok Pusat Batik Nusantara yang terletak di Lantai Dasar dan Lantai Dasar 1 adalah blok yang sudah menjadi ikonik Thamrin City. 

Di blok ini berbagai baju dan kain batik dari seluruh penjuru Nusantara dapat ditemui. Selain itu, yang juga terkenal adalah Pusat Cinderamata Nusantara, Dubai Street yang menjual berbagai fashion Timor Tengah dan India, Unique Fashion, Pusat Perbukuan, Pusat Perdagangan Seluler, Pusat Kuliner Nusantara, Pusat Hijab dan Pakaian Muslim, dan Pasar Tasik di Lantai 5. 

Pasar Tasik adalah pasar berbagai produk fashion muslim seperti mukena, jilbab, kerudung, kaftan, gamis, dan pakaian muslim lain. Sebagian besar pedagangnya berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, sehingga disebut Pasar Tasik. Rahmi, salah seorang pedagang Pasar Tasik, mengaku senang berdagang di Thamrin City. Tetapi ia tidak tahu ada undian Vaganza. “Pembeli banyak sih, tapi saya engga tahu ada undian,” ujar Rahmi, Sabtu (28/1). ***

Wahyuana

No comments: